Hai kamu... jiwa yang sedang merasa insecure dengan diri sendiri, merasa gak pantes, gak berguna, selalu salah dan lain sebagainya. Semoga t...

Obat Insecure dengan Bersyukur

Hai kamu... jiwa yang sedang merasa insecure dengan diri sendiri, merasa gak pantes, gak berguna, selalu salah dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini bisa bantu kamu dalam menghadapi situasi sulit dalam dirimu, menerima tentang dirimu, dan berdamai dengan keadaan dirimu.

Istilah kata "insecure" akhir-akhir ini makin banyak kita jumpa. Padahal dulu waktu saya SD belum ada tuh istilah kata insecure yang sering diomong-omongkan bersama genk tongktongan atau lingkungan pertemanan sejawat. Emang apa sih insecure itu?


Insecure


Jika diartikan secara gamblang dari bahasa, maka insecure berarti "tidak aman". Dalam psikologis, insecure diartikan sebagai suatu perasaan tidak nyaman, ragu, cemas, dan kurang percaya diri yang dialami seseorang karena rendahnya self-esteem. Self-esteem ini adalah perasaan bangga tentang diri sendiri atas pencapaian yang kita dapatkan ataupun rasa syukur tentang apa yang kita miliki.Semakin rendah self-esteem yang kamu miliki maka kamu cenderung lebih mudah merasakan insecure. Sebaliknya, self-esteem yang tinggi akan meminimalisir timbulnya rasa insecure pada dirimu. 

Nah, munculnya perasaan insecure pada tiap diri individu itu bisa saja berbeda-beda. Misalnya saja, insecure karena penampilan fisik, harta kekayaan, kemampuan akademis, dan lain sebagainya. Jadi, kalau kamu insecure tentang keadaan fisikmu, belum tentu orang lain juga memiliki insecure tentang fisiknya, bisa jadi lainnya, pasangan misalnya. Meski begitu, tetap saja perasaan insecure ini pasti ada pemicunya, Yuk kenali, apa saja yang bisa jadi pemicu munculnya insecure dalam dirimu.


Faktor-Faktor Pemicu Insecure


Hal-hal pemicu yang mendorong seseorang merasa insecure cenderung beragam sesuai dengan kepribadian, lingkungan sekitar, dan kondisi yang dialami. Namun, secara umum kondisi insecure bermula dari:

  • Pernah mendapatkan penilaian buruk dari seseorang
  • Pernah mengalami kegagalan
  • Sifat perfeksionis yang dimiliki
  • Pola asuh yang kurang tepat saat masih kanak-kanak


Mengalami insecure yang berlebihan akan menghambatmu dalam melakukan aktivitas. Jika perasaan insecure ini tidak lekas kamu kelola dan tanggapi, maka akan menurunkan produktivitasmu nantinya. Untuk itu, yuk coba pahami bagaimana mengatasi perasaan insecure agar tidak berlanjut.


Mengatasi Insecure


Untuk dapat mengatasi insecure, kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal postif berikut ini:

  • Mencintai dan menghargai diri sendiri
  • Menjadikan suatu kegagalan sebagai motivasi sukses dan memperbaiki diri
  • Meningkatkan self-esteem
  • Bersyukur


0 Comments:

Silahkan berkomentar dengan bijak!